Berita Sumut

Gubsu: Jangan Ada Anak Putus Sekolah

Administrator
Matatelinga - Kabanjahe, Sebanyak  691 anak-anak pengungsi bencana erupsi Gunung Sinabung  akan mendapatkan bimbingan belajar sebagai langkah persiapan menghadapi Ujian Nasional. Pembukaan Bimbingan Belajar bagi pelajar kelas 3 SMP dan SMA tersebut diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho,ST dan Kepala BNPB Syamsul Maarif di Halaman SMAN 2 Kabanjahe, Jumat (7/2/2014). Disediakannya bimbingan belajar ini bertujuan agar anak-anak pengungsi tidak putus sekolah.


Ratusan  pelajar tersebut akan mendapat bimbingan  mentor dari Universitas Sumatera Utara dan Universitas Negeri Medan. 


Bimbingan belajar akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu selama dua bulan ke depan. Gubsu mengharapkan kegiatan bimbingan belajar ini akan meningkatkan kesiapan para pelajar pengungsi hingga dapat lulus ujian nasional dan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.   

Bimbel ini merupakan wujud komitmen pemerintah  yang didukung kalangan perguruan tinggi dan swasta  agar bencana ini tidak menghalangi anak belajar. "Jangan ada anak-anak yang putus sekolah," kata Gubsu. " Biarlah erupsi terjadi,"lanjutnya, "namun semangat belajar tidak boleh surut. Justeru erupsi ini harus menjadi inspirasi," tambah Gubsu.


Para pelajar pengungsi  yang berasal dari 42 titik pengungsian itu akan mengikuti bimbingan belajar yang ditempatkan di tujuh lokasi. Untuk jenjang SMP berjumlah 483 siswa disiapkan  4 lokasi yaitu SDN Tanjung, SMPN 1 Tigabinanga, Lapangan Open Stage Pesta Mejuah-juah Berastagidan Aula Yonif 125 Simbisa TK. Untuk jenjang SMA berjumlah 208 siswa disiapakan 3 lokasi yaitu Aula Yonif 125 Simbisa TK, SMAN 1 Tigabinangadan SDN Jandimeriah.

Selain mendapat fasilitas  pembelajaran, para pelajar juga difasilitas pengangkutan dari dan menuju lokas bimbingan belajar. Bimbingan belajar dimulai pada Sabtu, 8 Februari 2013 yang akan berlangsung selama dua bulan sebagai persiapan siswa menghhadapi UN pada bulan April untuk SMA dan pada bulan Mei untuk SMP.


Dalam acara lounching bimbel, Gubsu menyerahkan secara simbolis tas berisi kelengkapan belajar  kepada para pelajar pengungsi. Selain itu, kelengkapan pembelajaran diantaranya kursi. Hadir pula dalam kesempatan itu Bupati Karo Kena Ukur Karo Jambi, jajaran Rektor Universitas Sumatera Utara dan Universitas Negeri Medan, Ketua Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Utara Nurdin Lubis,dan Ketua Pelaksana Harian Penangulangan Bencana Daerah Asren Nasution serta Kepala Dinas Perhubungan  Antonius Siahaan serta Kepala Dinas Pendidikan.


Dihibur Artis

Acara lounching Bimbingan Belajar dimeriahkan dengan kehadiran artis ibu kota yang sedang mengunjungi korban erupsi Sinabung. Para artis ibukota yang dikomandoi Dorce Gamalama berhasil membuat para pelajar banyak tergelak oleh banyolan khasnya. Artis lain yang hadir di lokasi yaitu Dewi Persik, Ratna Listi, Amel Carla, Ana Tarigan dan Vinnie Lupita. Mereka juga ikut menghibur melalui aksi menyanyi bersama para pelajar.


(Adm)

Tag:kabanjaheMedanperampoksinabung

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.