Berita Sumut

Elemen Masyarakat Sumut Deklarasikan Pemilu Damai

Administrator
Matatelinga - Medan, Sejumlah elemen dan organisasi masyarakat di Sumatera Utara mendeklarasikan Pemilu 2014 Damai. Disaksikan Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho, ST MSI mereka bertekad mengawal dan mewujudkan proses pemilihan umum yang damai demi kepentingan masyarakat.

Semangat mengawasi dan melaksanakan Pemilu Damai ini dideklarasikan dalam acara Silaturahim dan Deklarasi Pemilu Damai Masyarakat Sumut yang digelar di Wisma Benteng, Medan, Senin (27/1/2014). Deklarasi ini merupakan momentum untuk tetap menjaga suasana kondusif Sumatera Utara mengingat tahun 2014 tensi sosial politik diprediksi bakal semakin meningkat sehingga dibutuhkan kesadaran bersama untuk menjaga kekondusifan daerah ini.

Gubernur Sumatera Utara mengapresiasi kebulatan tekad ini dan semangat ini jelas langkah bagus mengawali seluruh rangkaian pelaksanaan pesta demokrasi yang sudah diambang pintu.   Deklarasi  ini dihadiri FKPD Sumut, pimpinan partai politik, tokoh ormas, tokoh agama, adat, organisasi pemuda, organisasi mahasiswa, pimpinan perguruan tinggi, Sekdaprovsu Ketua KPU Sumut, Ketua Bawaslu,  Kepala SKPD Provsu serta undangan lainnya.       

Suksesnya pemilu, menurut Gubsu bukan semata-mata ditentukan oleh siapa yang menang ataupun siapa yang kalah, tetapi lebih penting adalah apakah pemilu itu dilaksanakan secara fair, jujur, transparan, di bawah institusi penyelenggara yang benar-benar netral dan bebas dari intervensi kekuasan.

"Kita berharap pemerintah dan birokrasi dari pusat sampai ke daerah benar-benar bersikap netral dan tidak mengintervensi seluruh pemilihan umum. Dan  kepada KPU dan perangkatnya hingga ke tingkat TPS diharap berfungsi sebagai fasilitator yang independen dan tegas terhadap berbagai bentuk intervensi," tegas Gubsu.

Suksesnya pemilu ujar Gubsu juga sangat ditentukan sejauh mana KPU dan pemerintah menjamin seluruh rakyat Indonesia bisa menggunakan hak politiknya untuk memberikan suara pada tanggal 9 April 2014 mendatang. "Rekayasa apapun dan dilakukan siapapun adalah perbuatan kriminal politik yang mencederai hak rakyat," kata Gubsu .

Selanjutnya menurut Gubsu bahwa suksesnya pemilu juga ditentukan oleh tidak ada kecurangan terhadap suara rakyat yang diberikan secara bebas dan rahasia. Tidak ada pemaksaan, tidak ada politik uang terhadap suara pemilih dan penyuapan terhadap petugas pemilu dan rekayasa penghitungan suara.

               

Pemilu yang sukses lanjut Gubsu juga ditentukan dengan melaksanakan kampanye secara santun dan bermoral. Gubsu juga mengimbau untuk menjauhi kampanye kotor, melaksanakan kampanye dengan saling menghormati untuk membiarkan pemilih dengan cerdas menentukan pilihannya.

 Pemilu yang berkualitas pada akhrnya akan melahirkan pemimpin nasional yang berkualitas pula. "Ini penting untuk melahirkan pemimpin yang menjamin masa depan bersama seluruh rakyat Indonesia, lebih baik dari sekarang," kata Gubsu.

 Di kesempatan itu Gubsu bersama FKPD mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk mengawal dan mengawasi seluruh tahapan pemilu dengan cermat dan seksama, serta menggunakan hak pilihnya secara bebas dan bertanggung jawab demi masa depan yang lebih baik.

Pangdam I/BB  Mayjen TNI Istu Haris S, SE, MM menyambut baik kegiatan silaturahmi kebangsaan ini dan dan mendukung dialog yang dilaksanakan dalam rangka menyambut tahun politik pemilu 2014 mendatang. Dikatakkannya, pihaknya telah merencanakan khusus komunikasi sosial mengerahkan kepada jajarannya untuk presentasi untuk pembinaan dan pembentukan karakter kebangsaan kepada generasi muda. "Kita siap mendukung apa yang direncanakan pemerintah daerah," ujarnya.

Dukungan serupa juga diungkapkan  Kapoldasu Irjen Pol Drs. Syarief Gunawan, SH. Menurutnya Polda Sumut di tahun politik ini akan melakukan langkah-langkah antisipasi untuk memberikan rasa damai bagi masyarakat terkait dengan permasalahan-permasalahan yang bisa menghancurkan kondusifitas di Sumut dan menganggu proses pemilu yang akan berlangsung pada tahun ini. "Kami siap membantu pelaksanaan proses pemilu yang bermartabat ," Kapoldasu berkomitmen

(Adm)

Tag:capresdptGempaKPULongsorPemilusinabung

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.