Berita Sumut

Eldin Apresiasi BNI Luncurkan ATM Sepeda Motor

Administrator
Matatelinga - Medan, Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H Dzulmi Eldin S MSi meninjau sejumlah titik untuk melihat angsung pelaksanaan gotong royong bersama yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Kota Medan, Sabtu (15/2/2014). Selain melibatkan aparat TNI, Polri dan Pemko Medan, gotong royong bersama bertajuk Karya Bakti Sosial Terpadu ini melibatkan seluruh komponen masyarakat. Mereka secara bahu membahu membersihkan sampah, drainase, sungai, trotoar dan badan jalan. Diharapkan sinergitas ini rutin dilakukan sehingga Kota Medan beersih dari sampah.

                

Sebelum melakukan peninjauan, Eldin bersama Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis serta seluruh pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan terlebih dahulu mengikuti apel bersama Karya Bakti Sosial Terpadu yang dipusatkan di Lapangan Benteng Medan. Gubsu H Gatot Pujonugroho ST bertindak sebagai inpektur upacara. Apel ini turut dihadiri Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari Subagio, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama Didik Wahyudi, Pangkosek Hanudnas III Marsekal Pertama TNI Sungkono, perwakilan Kapoldasu, pejabat di lingkungan Kodam I/BB serta Dandim 0201/BS Letkol Inf Hendriyadi.

                

Dalam apel bersama tersebut, Gubsu menyerahkan secara simbolis peralatan pekerja seperti  cangkul, sekop, sapu lidi serta serokan (alat mengangkat sampah) kepada 5 orang mewakili seluruh peserta sebagai tanda dimulainya pelaksanaan gotong royong bersama.  Usai apel, seluruh peserta kembali ke tempatnya masing-masing untuk memulai gotong royong bersama.Sedangkan Eldin selanjutnya mendampingi Gubsu, Pangdam I/BB, Pangkosek Hanudnas III , Dandim 0201/BS beserta  Dandim menggunakan kesempatan itu untuk bersilaturahmi dengan masyarakat setempat sekaligus mengingatkan masyarakat agar terus secara rutin melaksanakan gotong  dan menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.

                

Setelah itu rombongan berpisah, sedangkan Eldin selanjutnya meneruskan peninjauan melihat pembersihan Sungai Putih yang berlokasi di Simpang Barat, persisinya persimpangan Jalan Gatot Subroto dan Jalan Sei Wampu. Ratusan masyarakat bergabung dengan aparat TNI serta puluhan anggota OKP bergotong royong membersihkan Sungai Putih dari sampah dan batu-batuan. Selain menggunakan peralatan seadanya berupa cangkul dan sekop, juga diturunkan dua unit alat berat jenis schopel milik Dinas Bina Marga Kota Medan.

                

Berulangkali Eldin memberikan instruksi agar pembersihan sungai yang dilakukan agar hasilnya lebih maksimal. Berkat gotong royong yang dilakukan, Sungai Putih mulai terlihat bersih dari sampah dan airnya secara perlahan-lahan mulai mengalir. Eldin pun sangat puas, apalagi masyarakat dan aparat TNI terlihat sangat antusias dan penuh semangat melaksanakan gotong royong. Melihat hasil gotong royong yang dilakukan hari ini, saya sangat puas. Jika kegiatan ini terus rutin dilakukan, Insya Allah Kota Medan akan bersih, kata Eldin.

                

Mantan Sekda Kota Medan itu selanjutnya meninjau  pelaksanaan gotong royong di Pusat Pasat, persisya persimpangan Jalan Veteran dan Jalan Martinus Lubis. Selain membersihkan tumpukan sampah, juga dilakukan pemerataan jalan yang berlubang dan bergelombang dengan menggunakan alat-alat berat milik Dinas Bina Marga. Dengan gotong royong yang dilakukan, kawasan yang semula terkesan kumuh dan jorok  kini tampak bersih.

                

Usai melakukan peninjauan, Eldin bertekad untuk menggalakkan kembali gotong royong di tengah masyarakat. Dia berencana gotong royong yang selama ini  sering dilaksanakan hari Jumat, kemungkinan digelar Sabtu. Jika Jumat, gotong royong yang dilakukan kemungkinan kurang efektif karena masih hari kerja. Untuk itu kita akan gelar gotong royong secara rutin setiap Sabtu dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, ungkapnya.

                

Karena itulah  Eldin tak bosan-bosannya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk kembali menghidupkan budaya gotong royong ini. Dia optimis dengan gotong royong yang dilakukan mampu menjadi Kota Medan bersih dari sampah. Selanjutnya dia mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah lagi sembarangan. Mari kita tanamkan dalam diri kita masing-masing agar selalu hidup bersih, ajaknya.

                

Sedangkan kepada para camat, lurah dan kepala lingkungan, Eldin mengingatkan agar terus menjaga dan mengawasi kawasan yang telah dibersihkan melalui gotong royong bersama ini sehingga kebersihannya tetap terjaga. Kemudian terus tak bosan-bosannya mengajak seluruh masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. Sebab, menjaga kebersihan bukan tanggung jawab pemerintah semata melainkan tanggung jawab bersama. 


(Hendra/Adm)

Tag:NatalBanjirjambretkorupsiMedanpenyiksaan

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.