Berita Sumut

Duarr!! 81 Kapal Maling Ikan Serempak Diledakkan, 7 Di Belawan

Administrator
(Mtc/ist)
MATATELINGA, Belawan: Secara serempak dikomandoi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, meledakkan 81 kapal maling ikan di 12 lokasi. Dan, 7 di antaranya kapal yang diledakkan itu berada di Belawan, Sumatera Utara, Sabtu (1/4/2017) pagi.



Masing-masing lokasi penenggelaman, yakni Pos Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Aceh (tiga kapal), Stasiun PSDKP Belawan (tujuh kapal), Satker PSDKP Tarempa (10 kapal), Satker PSDKP Natuna yang dilaksanakan oleh Lanal Ranai (29 kapal), dan Satker PSDKP Tarakan yang dilakukan oleh Polair setempat (enam kapal).

Kemudian Polair Polda Bali (satu kapal), Pangkalan PSDKP Bitung (sembilan kapal), Lanal Ternate (empat kapal), Satker PSDKP Merauke (satu kapal), Lantamal XIV Sorong (satu kapal), Satker PSDKP Pontianak (delapan kapal), dan Morela yang dilaksanakan oleh Lantamal IX Ambon (dua kapal).

Dari 81 kapal ikan pelaku pencurian ikan yang ditenggelamkan, hanya 6 kapal yang berbendera Indonesia. Sedangkan 75 kapal lainnya berbendera asing, yakni Vietnam sebanyak 46 kapal, Filipina 18 kapal, dan Malaysia 11 kapal.

Di Belawan sendiri, peledakan 6 kapal asing berbendera Malaysia dan satu kapal ikan lokal dipimpin Kapoldasu Irjen Pol Rycko Amelza. Peledakan ketujuh kapal ikan tersebut untuk membuat jera bagi para pelaku pelaku Ilegal Fhising  di perairan Propinsi Sumatera Utara.



Keenam kapal ikan asing bendera Malaysia dan satu unit kapal ikan lokal ini diledakkan secara bersama oleh Kapolda Sumatera Utara di atas kapal KRI Boa TNI AL yang berpangkalan di Lantamal l Belawan disaksikan para pejabat terkait di Sumatera Utara.

Ke enam kapal ikan asing ini dari hasil penangkapan kapal patroli Detasemen Polisi Perairan Daerah Sumatera Utara saat melaksankan tugas patroli rutinnya diperairan Propinsi Sumatera Utara beberapa bukan yang lalu.

(Mtc/amr)

Penulis
: Mtc/Amrizal
Editor
: dongan
Tag:7 diledakkan di belawan81 kapal ilegal fishing diledakkanKapoldasu Irjen Pol Rycko AmelzaMenteri Susi PudjiastutiSumut

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.