Berita Sumut

Camat Petisah Wajibkan Pegawai Kerja Naik Sepeda

Administrator
Matatelinga - Medan, Camat Petisah merancang Program bersepeda ke kantor menjadi sarana sosialisasi akan kesadaran lingkungan. Dengan bersepeda ke kantor oleh pegawai  juga bisa meningkatkan kesehatan, produktifitas pegawai dan menghemat biaya.

Program bersepeda ke kantor dilakukan Kecamatan Medan Petisah terhitung (27/1/2014) kemarin.  Seluruh PNS, Lurah dan Kepling se- Kecamatan Medan Petisah diwajibkan untuk mengendarai sepeda dari dan ke Kantor Camat Medan Petisah khususnya pada hari Senin dan Jumat dalam kegiatan dinas.

Selain merupakan salah satu olah raga yang murah meriah, upaya ini merupakan sosialisasi pihak kecamatan untuk meningkatkan kesehatan, produktifitas pegawai dan memasyarakatkan olah raga melalui bersepeda, kata Camat Medan Petisah Muhammad Yunus S.STP MAP usai apel pagi sekaligus Loucing Petisah Bersepeda di Halaman kantor Camat Medan Petisah.

Selain itu, mengingat masih dekatnya jarak tempuh pantauan wilayah bagi Lurah dan Kepling di Kecamatan Medan Petisah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sosialisasi bersepeda ini sangat memungkinkan di lakukan. Seperti memantau kebersihan di gang-gang wilayah kecamatan Medan Petisah.

Jangkauan wilayah kita dari kantor camat ke kelurahan terjauh hanya berkisat 3,5 Km saja. Jarak ini tidaklah  terlalu jauh jika dijangkau dengan bersepeda. Dengan demikian dari atas sepeda baik Lurah, Kepling akan lebih focus memantau kebersihan di wilayah masing-masing, katanya.

Menurut Yunus, program bersepeda sebagai bentuk transportasi alternatif bisa membantu alam dengan mengurangi jumlah karbon dioksida di udara karena dalam produksinya sepeda lebih hemat energy dibanding mobil. Sesui dengan kesepakatan bersama antara Camat, Lurah, Kepling dan pegawai, jika diketahui ada yang masih naik mobil atau sepeda motor pada hari-hari yang telah ditentukan maka kita akan memberikan sanksi berupa ban mobil maupun sepeda motor yang di bawa akan dikempesi bersama-sama.

Ya, sesuai dengan kesepakatan. Kita akan kempesi bannya bersama-sama jika ketahuan masih ada Lurah atau Kepling yang bawa kenderaan bermotor ke kantor camat, tegas Yunus.

Selanjutnya, Yunus mengingatkan khususnya para kepling jika memilih bersepeda janganlah bersepeda dengan berkecepatan tinggi dan ugal-ugalan di jalan raya karena berakibat bisa senggolan dengan kenderaan lain atau terjatuh karena jalan rusak.

Karenanya pengendara harus dilengkapi diri dengan perangkat keselamatan yang memadai seperti helm, dan pelindung lainnya agar bisa mengurangi potensi terlukanya diri saat terjatuh. Kewaspadaan juga sangat dibutuhkan dalam bersepeda di jalan raya, harapnya.

Pada Louncing Petisah Bersepeda ini Camat Medan Petisan dan para Lurah secara simbolis memakaikan helm pengaman kepada sejumlah Kepling. Serta diakhiri dengan naik sepeda bersama yang diikuti 90 orang peserta terdiri dari pegawai, Camat, Lurah serta Kepling mulai stard dari kantor camat Medan Petisah melintas Jalan Iskandar Muda, Jalan Gajah Mada, Jalan S Parman, Jalan gatot Subroto, hingga kembali ke Kantar Camat Medan Petisah.  

(Adm)

Tag:Longsorpengungsisinabung

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.