Berita Sumut

Calon Peserta Harus Daftar di Loket BPJS Setempat

Administrator
Matatelinga - Medan, Untuk mendapatkan manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), calon peserta harus mendaftar terlebih dahulu di loket-loket Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan setempat hal tersebut dikatakan Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Kesehatan, drg. Murti Utami, MPH. 


"Bagi peserta yang sakit, wajib terlebih dahulu memeriksakan diri ke Fasilitas Kesehatan atau Faskes tingkat pertama, kecuali dalam keadaan darurat, dapat langsung ke rumah sakit," sebut Murti Utami dalam sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Medan, Rabu (12/2/2014). 


Di Faskes tingkat pertama, Murti Utami menjelaskan, peserta JKN dapat memperoleh pelayanan yang menyeluruh, termasuk konsultasi, pemeriksaan, pengobatan dan tindakan medis, transfusi darah, rawat inap tingkat pertama, serta diagnostik laboratorium. 


"Seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bergabung dalam program JKN, harus mampu menyelenggarakan pelayanan kesehatan komprehensif. Yang belum memiliki sarana, wajib membangun jejaring atau merujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan," jelasnya.  


Ia menambahkan, bagi peserta yang memerlukan tindakan lebih lanjut, nantinya akan dirujuk ke Faskes tingkat rujukan atau lanjutan, yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. 


"Di fasilitas tingkat lanjutan, peserta dapat memperoleh pelayanan dari dokter spesialis, sesuai dengan indikasi medis, rehabilitasi medis, dan transfusi darah, serta rawat inap intensif maupun non intensif," tambahnya. 


Sementara itu, fasilitas kesehatan tingkat pertama adalah termasuk Puskesmas, klinik, praktik dokter, praktik dokter gigi, klinik pertama atau setara. Sedangkan fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan, berupa Rumah Sakit umum dan Rumah Sakit khusus.


(reza/adm)

Tag:BPJSNatalBanjirjambretkorupsiMedanpenyiksaan

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.