Berita Sumut

Bawaslu Sumut Ingatkan Kampanye di Media Massa Hanya 21 Hari

Administrator
Matatelinga - Medan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumut menegaskan aturan iklan kampanye di media elektronik dan cetak hanya berlaku 21 hari. Aturan ini wajib ditaati oleh partai politik dan lembaga penyiaran.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Sumut, Aulia Andri menegaskan Parpol Peserta Pemilu dan lembaga penyiaran terikat dalam aturan ini. "Kampanye melalui media massa cetak dan elektronik itu hanya diperbolehkan 21 hari menjelang hari pemungutan suara yakni selama 16 Maret - 5 April 2014," kata Aulia Andri, di Medan kepada wartawan, Sabtu (8/2/2014). 

Dikatakan Aulia, menurut UU No 8 Tahun 2012, setiap peserta Pemilu, maksimal diperbolehkan memasang iklan sebanyak 10 spot berdurasi paling lama 30 detik per stasiun televisi per hari dan 10 spot berdurasi paling lama 60 detik per stasiun radio per hari.

Aulia juga menyebutkan, Bawaslu Provinsi Sumut telah bertemu dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Sumut untuk merencanakan pengawasan terhadap iklan kampanye di media elektronik. 

"Jadi kita sudah bertemu dengan KPI Sumut. Kita berharap, KPI Sumut bisa membantu kita nanti awasi hal ini," kata Aulia lagi.  

Aulia menghimbau kepada peserta Pemilu dan lembaga penyiaran untuk mematuhi ketentuan tersebut demi terciptanya penyelenggaraan Pemilu yang adil dan sesuai prinsip. 

"Kami himbau juga agar lembaga penyiaran televisi dan radio agar tetap menjaga netralitas dan tidak mengutamakan kepentingan golongan tertentu," ujarnya.

(Adm)

Tag:

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.