Berita Sumut

6 Rumah RJ dan 69 Perkara Dihentikan di Kejati Sumut, Konsepnya Adalah Pemulihan Keadaan Seperti Semula

Administrator
Matatelinga/James
Kajati Sumut Idianto, SH,MH didampingi Kasi Penkum Yos A Tarigan saat memberikan keterangan pers kepada wartawan.

Keadilan Restoratif seperti disampaikan Jaksa Agung RI ST Burhanuddin menjadi salah satu alternatif penyelesaian perkara pidana, dimana hal yang menjadi pembeda dari penyelesaian perkara ini adalah adanya pemulihan keadaan kembali pada keadaan sebelum terjadinya tindak pidana, sehingga melalui konsep penyelesaian keadilan restoratif ini maka kehidupan harmonis di lingkungan masyarakat dapat pulih kembali.



"Konsep keadilan restoratif merupakan suatu konsekuensi logis dari asas ultimum remedium yaitu pidana merupakan jalan terakhir dan sebagai pengejawantahan asas keadilan.


Proporsionalitas serta asas cepat, sederhana dan biaya ringan, oleh karena itu penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif dilaksanakan dalam rangka memberikan perlindungan terhadap kepentingan korban dan kepentingan hukum lain,” tandas Jaksa Agung.

Penulis
: Mtc/jam
Editor
: James P Pardede
Tag:idiantojaksakajati sumutKasi penkumKejari tanjungbalaiKejati Sumut 039Restorative Justicematatelinga.commatatelinga com

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.