Berita Sumut

111 Pelaku Curas Diringkus Dalam Kurun Waktu 17 Hari

Administrator
Matatelinga - Medan,  Dalam kurun waktu 17 Hari, pihak Polresta Medan beserta Polsek-polsek di Jajaran Polresta Medan berhasil mengamankan 111 Tersangka kasus pencurian dengan kekerasan di Wilayah Polresta Medan. Ke 111 tersangka ini diamankan dari 78 laporan yang diterima.

Dari ke 111 tersangka yang diamankan ini, Satuan Reskrim Polresta Medan melakukan penangkapan terbesar dengn 33 Tersangka dari 27 kasus, selanjutnya diurutan ke 2 Polsekta Medan Area yang berhasil mengamankan 16 tersangka dari 14 kasus, diurutan ke 3 Polsek Percut Sei Tuan dengan 15 tersangka dari 10 kasus.

Selanjutnya Polsek Medan Kota dengan 13 tersangka dari 6 kasus, Polsek Medan Barat 5 tersangka dari 4 kasus, Polsekta Deli Tua 5 tersangka dari 4 kasus, Polsek Patumbak 8 tersangka dari 3 kasus, Polsekta Helvetia 6 tersangka dari 3 kasus, Polsekta Medan Timur 4 tersangka dari 3 kasus.

Sedangka Polsekta Sunggal berhasil 3 tersangka dari 2 kasus, Polsekta Medan Baru 2 tersangka dari 1 kasus, Polsek Pancur Batu 1 tersangka dari 1 kasus dan Polsek Kutalimbaru tidak ada satupun mengamankan pelaku curas.

Kapolresta Medan Kombes Nico Afinta didampingi Kasat Reskrim Polresta Medan Kompol Jean Calvijn Simanjuntak menjelaskan, penangkapan ini dilakukan dalam kurun waktu 2 pekan lebih.

"Ini merupakan hasil operasi kita selama lebih dari 2 pekan," ujarnya.

Dijelaskan Kapolresta, selain mengamankan para tersangka, petugas juga melakukan beberapa tindakan tegas dan terukur dengan melumpuhkan 44 tersangka dengan tembakan dikaki, bahkan ada 2 tersangka terpaksa ditembak dan tewas di Rumah Sakit karena melawan saat akan diringkus.

"Kita juga lakukan tindakan tegas terukur, 44 tersangka terpaksa kita tembak dan 2 tewas," terangnya.

Menurut Kapolresta, tindakan tegas terukur ini dilakukan karena para tersangka ini terbilang kejam dalam menjalankan aksinya. Beberapa orang korban mengalami luka parah.

"Mereka terbilang kejam dalam menjalankan aksinya, dan kebanyakan korbannya adalah wanita dan tidak melawan tapi tetap juga dilukai oleh para tersangka," jelasnya.

Ditambahkan Nico, berdasarkan hasil penyelidikan, terungkap juga pelaku penjambretan terhadap 3 warga Negara Asing.

"Setelah kita lakukan penyelidikan, terungkap dari para tersangka ini ada yang melakukan perampokan terhadap warga negara asing, seperti warga Jerman, warga Singapura dan warga Cina," tuturnya.

Untuk itu, Kapolresta menegaskan, pihaknya akan terus melakukan operasi dan berbagai tindakan untuk menekan angka kejahatan dengan kekerasan menjadi seminimal mungkin di Kota Medan.

"Kita akan coba tekan angka kejahatan dengan kekerasan di Kota Medan menjadi seminimal mungkin," tegasnya.


(Donny/Mt-01)

Tag:BelawanMedanSumut

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.