Berita Sumut

1.153 Korban Laka Lantas Meninggal Dunia

putra
Matatelinga.com
Waka Polda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi (Ops) Zebra Toba 2022 di Lapangan KS Tubun, Senin (3/10/2022).

MATATELINGA, Medan : Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut mencatat, selama periode Januari hingga Agustus 2022, tercatat sebanyak 4.306 kendaraan terlibat kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Jumlah itu terus meningkat hingga saat ini. Dari jumlah itu sebanyak 1.153 orang tercatat meninggal dunia.

"Selama periode Januari sampai Agustus 2022 telah terjadi 4.306 kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan meninggal dunia sebanyak 1.153 orang," kata Waka Polda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi (Ops) Zebra Toba 2022 di Lapangan KS Tubun, Senin (3/10/2022).

Selain meninggal dunia, sambung Dadang, sebanyak 1.443 korban mengalami luka berat dan luka ringan 4.786 orang.

Sementara kerugian materil disebabkan laka lantas itu mencapai Rp 11 miliar lebih.

Karena itu, Dadang mengimbau kepada masyarakat agar tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Dia berharap, Ops Zebra Toba 2022 yang dimulai 3 hingga 16 Oktober ini mampu mengurangi jumlah dan angka fatalitas akibat kecelakaan.

Dia menjelaskan, penindakan ke pelanggar lalu lintas kali ini hanya menggunakan sistem Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan teguran.

"Penegakan hukum hanya menggunakan ETLE dengan pelanggaran-pelanggaran 7 prioritas," kata Dadang.

Meski demikian, penindakan tilang ETLE juga memiliki tujuh kriteria, di antaranya pengemudi kendaraan bermotor menggunakan ponsel saat berkendara,

pengemudi di bawah umur, dan pengendara berboncengan lebih dari satu orang.

Kemudian, pengemudi tidak menggunakan helm SNI dan tidak menggunakan safety belt, pengendara dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, melawan arus serta pengemudi melebihi batas kecepatan.

Sementara untuk pelanggar kasat mata, polisi di lapangan hanya melakukan teguran terhadap pelanggar.

Dadang mengatakan teguran merupakan langkah humanis kepolisian terhadap masyarakat agar mereka sadar kesalahannya.

"Jadi kalau pun ada pelanggaran sifatnya teguran agar masyarakat tau apa yang dilakukan perbuatan yang salah," ucapnya. (Mtc)

Penulis
: Amrizal
Editor
: Putra
Tag:4.306 kendaraan4 306 kendaraanDirektorat Lalu LintasPolda sumuthingga Agustus 2022kecelakaan lalu lintasselama periode Januari

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.